Robert Downey Jr. jadi pemeran utama remake film detektif klasik “Vertigo”

Robert Downey Jr. akan membintangi remake "Vertigo".

Setelah mendapatkan hak untuk remake film psychological thriller klasik besutan Alfred Hitchcock pada tahun 1958, “Vertigo”, Paramount Pictures kini menunjuk Robert Downey Jr. sebagai bintang utamanya.

Ia dikabarkan akan memproduksi proyek tersebut bersama istrinya, Susan Downey, melalui perusahaan produksi Team Downey serta John Davis dan John Fox melalui Davis Entertainment.

Melansir Variety, kreator “Peaky Blinders” Steven Knight dipilih untuk menulis naskahnya setelah sebelumnya berkomitmen menulis untuk film “Star Wars” untuk Lucasfilm.

Downey sendiri belakangan jarang muncul sebagai aktor, usai film terakhirnya “Avengers: Endgame” dirilis pada 2019 sebagai salah satu film dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa dan film lainnya, “Dolittle”, dirilis pada 2020.

Namun, ia sempat memproduksi dan muncul di film dokumenter “Sr.” yang menceritakan kisah ayahnya. Lebih dari itu, Downey dijadwalkan untuk muncul di film sejarah garapan Christopher Nolan, “Oppenheimer”.

Baca juga: Channing Tatum akuisisi dan bakal remake film “Ghost”

Tentang film “Vertigo”

Film orisinal “Vertigo” dibintangi oleh James Stewart sebagai John “Scottie” Ferguson, seorang detektif asal San Fransisco yang pensiun karena ketakutannya akan ketinggian yang disebabkan oleh sebuah kasus vertigo parah.

Setelah ia disewa untuk mengikuti istri dari seorang rekannya, Madeleine (Kim Novak), Scottie menjadi terobsesi dengannya, namun ketakutannya menghalangi ia untuk menyelamatkannya ketika Madeleine memanjat sebuah menara dan terjun dari sana. 

Sejak kejadian itulah semuanya mulai berubah menjadi aneh. “Vertigo” pada mulanya bukan film yang sukses ketika pertama kali dirilis di layar lebar.

Akan tetapi, pada 1980-an, film tersebut mulai dilirik dan dinyatakan sebagai sebuah mahakarya. Pada 1982, dalam sebuah survei yang dilakukan oleh penerbit Sight and Sound dari British Film Institute (yang diadakan setiap 10 tahun sekali), “Vertigo” berhasil masuk ke dalam daftar 10 film terbaik.

Dari sana, film tersebut terus merangkak naik ke atas hingga menduduki puncak pertama pada survei tahun 2012.

Film ini juga telah berhasil melampaui novel Prancis yang menginspirasinya, yakni “D’entre les morts” atau “The Living and the Dead” yang ditulis oleh Boileau-Narcejac (nama pena untuk penulis Pierre Boileau dan Pierre Ayraud).

Buku ini memiliki alur cerita yang sama dengan “Vertigo”, namun berlatar di Prancis selama puncak Perang Dunia II.

Tak hanya “Vertigo”, sejumlah film karya Hitchcock lainnya juga telah dibuat remake sebelumnya, misalnya saja “Psycho” (1960) yang dibuat ulang oleh Gus Van Sant pada 1998.

Hitchcock juga pernah membuat ulang karyanya, yakni film thriller “The Man Who Knew Too Much” (1934) yang dibuat ulang pada 1956 bersama James Stewart dan Doris Day.

Adapun beberapa pembuat film seperti Brian De Palma (dengan “Obsession” dan “Body Double”), David Lynch (dengan “Mulholland Drive”) dan Mel Brooks (dengan “High Anxiety”) mendapatkan inspirasi dari film “Vertigo”.

Namun, di samping itu semua, belum ada studio film Amerika yang benar-benar mendapatkan hak untuk membuat remake film ini sebelum Paramount Pictures.