Thomas Bangalter dari Daft Punk perdana tampilkan wajahnya dalam album solo

Thomas Bangalter, salah seorang dari duo musisi elektronik Daft Punk, perdana memperlihatkan wajahnya tanpa topeng di album solo “Mythologies” yang akan rilis pada 7 April mendatang,

Meskipun begitu, musisi asal Perancis tersebut tidak benar-benar menampilkan wajahnya dalam bentuk foto, melainkan berbentuk ilustrasi realistis berwarna monokrom hitam-putih.

Kabar itu menjadi cukup menarik, mengingat duo Daft Punk yang telah berpisah pada 2021 itu, tidak pernah tampil di depan publik tanpa helmnya. 

Bahkan, ketika mereka tampil di Grammy Awards 2014 silam saat memenangkan album terbaik tahun itu.

Walaupun, di awal karier mereka, sempat ada foto Bangalter dan rekannya Guy-Manuel de Homem-Christo yang beredar. Akan tetapi, selanjutnya mereka terus tampil secara anonim. 

Melansir Variety (24/1), album “Mythologies” tersebut akan diwarnai dengan nuansa musik orkestra. 

“Mythologies” awalnya digarap sebagai pesanan

Menariknya, ternyata Thomas Bangalter awalnya tidak berniatan untuk menggarap album solo dengan nuansa orkestra tersebut.

Namun, pijakan utama album “Mythologies” yang rilis beberapa bulan lagi itu berasal dari musik garapan Bangalter untuk pesanan koreografer Angelin Preljocaj. 

Ia memesan komposisi musik Bangalter untuk pertunjukkan balet di Orchestre National Bordeaux Aquitaine dengan “Mythologies” yang diarahkan oleh Romain Dumas.

Menurut keterangan resmi, karya terbaru Bangalter, “Menjadi karya yang substansial, Mythologies mendorong co-founder Daft Punk untuk menemukan kembali pendekatan komposisi musiknya.”

Baca juga: Bagaimana pengalaman dan algoritma memengaruhi selera musik

Album “Mythologies” dengan belasan album bertotal 90 menit

Mengadopsi gaya musik orkestra, album dengan total durasi 90 menit itu disinyalir menampilkan pandangan pada batas-batas gaya (musik) konvensional.

“Sebuah kecintaan terhadap musik Baroque dan jejak-jejak minimalisme Amerika,” lanjut keterangan resmi album, yang mengindikasikan gaya musik terbaru Bangalter.

Secara menyeluruh, album ini akan diisi oleh 13 lagu

Berikut adalah daftar lagu album “Mythologies”:

  1. “Premiers Mouvements”

  2. “Le Catch“

  3. “Thalestris“

  4. “Les Gémeaux I“

  5. “Les Amazones“

  6. “L’Arrivée d’Alexandre“

  7. “Treize Nuits“

  8. “Danae“

  9. “Zeus“

  10. “L’Accouchement“

  11. “Les Gorgones“

  12. “Renaissances“

  13. “Le Minotaure “

  14. “Eden“

  15. “Arès“

  16. “Aphrodite“

  17. “Les Naïades“

  18. “Pas de Deux“

  19. “Circonvolutions“

  20. “Les Gémeaux II“

  21. “Icare“

  22. “Danse Funèbre“

  23. “La Guerre“