Istri Kobe Bryant menang gugatan $29 juta terkait foto kecelakaan suaminya

Istri Kobe Bryant menang gugatan.

Vanessa Bryant telah mencapai kesepakatan senilai hampir $29 juta atau Rp443 miliar dengan pengadilan Los Angeles untuk mengakhiri gugatan terkait foto yang diambil saat kecelakaan helikopter yang menewaskan suaminya, Kobe Bryant.

Melansir CNN, penyelesaian tersebut mengakhiri litigasi selama beberapa tahun terkait dengan kecelakaan helikopter pada Januari 2020 di lereng bukit Calabasas, California, serta foto-foto yang tersebar setelahnya.

“Hari ini menandai puncak keberhasilan perjuangan berani Bryant untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang terlibat dalam peristiwa ini,” ujar Luis Li, pengacara yang mewakili Bryant, dalam pernyataannya kepada CNN.

“Ia berjuang untuk suaminya, putrinya, dan semua keluarga mendiang yang diperlakukan dengan tidak hormat. Kami harap kemenangannya di sidang dan penyelesaian ini dapat mengakhiri tindakan demikian,” lanjutnya.

Baca juga: Gugatan Vogue terhadap Drake dan 21 Savage terselesaikan dan capai kesepakatan

Foto kecelakaan helikopter menimbulkan ketakutan keluarga mendiang

Adapun penyelesaian tersebut terjadi setelah hakim federal pada Agustus 2022 lalu menemukan Departemen Sheriff dan Pemadam Kebakaran Los Angeles bertanggung jawab lantaran dianggap melanggar hak konstitusional Bryant dan rekan penggugatnya, Christopher Chester, karena mengambil dan membagikan foto-foto mengerikan dari kecelakaan helikopter yang menewaskan sembilan orang itu.

Foto yang dimaksud tak hanya menampilkan puing-puing helikopter, namun juga potret dekat dari para korban yang meninggal dunia di tempat kejadian peristiwa (TKP).

Bryant dan Chester menganggap bahwa foto dari mendiang yang mereka kasihi telah menyebabkan stres emosional dan melanggar privasi mereka. Keduanya mengaku hidup dalam ketakutan apabila sewaktu-waktu foto tersebut muncul, meskipun telah dihancurkan.

Bryant dan Chester memperoleh kompensasi

Hakim memberikan Chester kerugian senilai $15 juta atau sekitar Rp230 miliar dan Bryant $16 juta atau sekitar $245 miliar, yang kemudian dikurangi menjadi $15 juta karena terdapat kesalahan.

Dewan supervisi pengadilan Los Angeles pada September 2022 juga setuju untuk membayar kerugian tambahan senilai $4.95 atau sekitar Rp76 miliar kepada Chester yang kehilangan istrinya, Sarah, serta putrinya yang berusia 13 tahun di kecelakaan tersebut.

Mira Hashmall, penasihat persidangan utama untuk pengadilan Los Angeles, menyebut penyelesaian itu “adil dan masuk akal”.

Nama Bianka Bella Bryant dan Capri Kobe Bryant, dua putri paling kecil dari keluarga Bryant, juga disebutkan dalam gugatan tersebut, bersama dengan ibu mereka.