Grafis Nusantara luncurkan zine kedua berisi koleksi ratusan label kerupuk

Kolektif desain Indonesia, Grafis Nusantara, baru saja mengumumkan peluncuran zine desain keduanya berjudul “Grafis Nusantara-Label Kerupuk”.

Zine Grafis Nusantara kali ini menampilkan koleksi label vintage yang ditemukan pada kemasan camilan kerupuk dari berbagai wilayah di kepulauan Indonesia.

Berdasarkan rilis yang diterima TFR, Jumat (2/6), zine ini dipersembahkan sebagai materi referensi untuk menampilkan kekayaan desain grafis yang ditemukan di Indonesia.

Baca juga: Grafis Nusantara: Membangun mesin waktu budaya visual lewat stiker dan label lawas

Tampilkan estetika tersembunyi kerupuk

Lebih dari itu, zine terbaru dari Grafis Nusantara ini menunjukkan estetika dan keajaiban tersembunyi yang sering kali diabaikan pada label kerupuk.

Pasalnya, label kemasan pada kerupuk yang sering kali dianggap murahan dan norak ini ternyata memiliki arti yang cukup mendalam.

Label pada kemasan kerupuk rupanya mencerminkan sistem sosiokultural dalam ruang dan waktu tertentu, serta mendemonstrasikan identitas tempat di mana produk kerupuk tersebut dibuat.

Zine ini berisi lebih dari 100 label dan stiker koleksi pribadi kemasan kerupuk yang dikumpulkan oleh Atras Alwafi sejak tahun 2013 silam.

“Grafis Nusantara-Label Kerupuk” didesain oleh studio desain grafis Indonesia Tiny Studio yang memiliki spesialisasi pada identitas merek, art direction, fotografi, dan desain grafis.

Kolaborasi dengan Kamengski

Adapun zine ini didukung dan diterbitkan oleh Kamengski, merek multidisiplin dengan spesialisasi pada produk pakaian.

Dalam meluncurkan zine ini, Kamengski juga akan berkolaborasi dengan Grafis Nusantara untuk membuat koleksi merchandise dari zine tersebut, seperti kaus dan stiker.

Jika tertarik, zine terbaru dari Grafis Nusantara ini dapat dibeli di Grammars, Bandung mulai hari ini, Jumat (2/6), serta di toko online Kamengski di Tokopedia.

Lebih jauh, peluncuran zine “Grafis Nusantara-Label Kerupuk” menjadi kesempatan yang bagus untuk menampilkan keindahan dan keberagaman label dan stiker vintage dari Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, Grafis Nusantara merupakan platform besutan Rakhmat Jaka yang didedikasikan untuk mengarsipkan label serta stiker vintage Indonesia.