Studio tato di London tawarkan jasa gratis hapus tato Kanye West

Tato pada tubuh menjadi komitmen jangka panjang bagi pemiliknya. Lantas, apa yang terjadi jika sosok yang menginspirasi tato itu ternyata menuai kontroversi? Menghapusnya tampak menjadi pilihan tepat.

Hal itu pula yang menginspirasi sebuah studio tato di London. Akibat sederet kontroversi dan tindakan ofensif penyanyi rap Kanye West (Ye) belakangan ini, studio tato bernama NAAMA Studios, tawarkan jasa hapus tato yang berkaitan dengan Ye secara gratis bagi siapa pun yang menginginkannya.

“Yeezy come, Yeezy go. Punya tato Kanye West? Kami akan menghapus tato Kanye kalian secara gratis,” baca kampanye NAAMA yang diunggah melalui akun Twitter mereka pada Selasa (15/11).

Padahal, biaya menghapus tato sebenarnya terbilang cukup tinggi. NAAMA pun selama ini telah menjadi salah satu studio yang dikenal atas kepiawaian jasa hapus tato, yang digandrungi seharga £2.000 (sekitar Rp32,5 juta).

Dikutip dari NME (15/11), CEO dari NAAMA Studios Briony Garbett mengatakan, “Kita semua berharap tato yang kita miliki akan selalu memiliki makna spesial. Akan tetapi, kalian tidak akan pernah mengetahui masa depan dan bagaimana itu dapat memengaruhi cara pandang terhadap tato kalian.”

Pasalnya, ketika sosok yang menginspirasi tato itu menjadi kontroversial karena alasan yang salah, menurut Garbett, “Itu bukan lah sesuatu yang ingin kalian pakai di lengan kalian bahwa kalian adalah penggemar atau pernah menjadi penggemar.”

Seorang mantan penggemar Kanye West atau yang kini dipanggil Ye mengungkap pada Evening Standard, “Ketika saya tahu saya bisa menghapusnya (tato Ye) secara gratis, saya sangat senang.”

Ia lanjut mengatakan, “NAAMA memiliki reputasi yang baik dalam menghilangkan tato, jadi saya sangat bersyukur dapat memulai penghapusan dan meninggalkan (tato) ini. Saya tak sabar melakukannya.”

Sedikit kilas balik, kabar ini menjadi efek domino atas ungkapan kebencian dan antisemit Ye beberapa waktu silam. Sebelumnya, jenama Adidas pun telah resmi memutus kontrak kerja sama dengan rapper itu, bahkan akan menjual Yeezy dengan nama yang berbeda untuk meninggalkan jejak Ye. 

Jenama global lainnya, Balenciaga, juga telah mengahiri kerja sama dengan Ye pada bulan Oktober lalu.