Chatime Indonesia Tea-rista Competition digelar, dua perwakilan akan lanjut bersaing di Taiwan

Chatime Indonesia, yang merupakan bagian dari F&B Indonesia, kembali menggelar Chatime Indonesia Tea-rista Competition pada Jumat (21/7) lalu di NLW Hall, Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Acara yang mengangkat tema “cup of creativiTEA” itu merupakan ajang bagi para tea-rista Chatime Indonesia untuk memamerkan keterampilan meracik minuman dan pengetahuan seputar brewed tea.

Dari kompetisi tersebut dua tim Tea-rista Champion akan mewakili Chatime Indonesia untuk bersaing secara global di Taiwan pada Oktober 2023 mendatang.

“Sebuah kebanggaan dapat mengadakan acara ini untuk seluruh tea-rista Chatime Indonesia. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi customer kita,” ujar CEO F&B ID Devin Widya Krisnadi, pada pembukaan 2023 Chatime Indonesia Tea-rista Competition, Jumat (21/7).

Baca juga: F&B Indonesia buka cabang kedua soulfull hub di Jakarta Selatan

Ratusan tea-rista Chatime Indonesia terpilih unjuk kreativitas

Adapun kompetisi ini awalnya diikuti sebanyak lebih dari 400 dari 2.400 tea-rista di 460 gerai Chatime di Indonesia. Sejak Maret lalu, mereka diseleksi untuk menunjukkan kreativitasnya dalam membuat kreasi minuman berbasis teh.

Setelah beberapa bulan menyaring tea-rista terbaik di Indonesia, barulah pada pekan lalu Chatime Indonesia menggelar Grand Final untuk memilih dua tim Tea-rista Champion yang terdiri dari empat orang untuk berangkat ke Taiwan.

Adapun enam tea-rista yang terbagi ke dalam tiga tim dan berhasil masuk ke Grand Final berasal dari Jakarta, Medan, serta Makassar, yang berkompetisi menampilkan keterampilan dalam menyajikan minuman.

Lebih dari membuat minuman, para tea-rista juga ditantang untuk mempresentasikan kreasinya secara rinci, mulai dari tema, bahan, sampai rasa minuman yang dibuat di depan para juri dan tamu yang hadir dalam bahasa Inggris.

“Ini adalah ajang yang menantang, apalagi ketika di Taiwan nanti mereka harus bisa membuat minuman di depan berbagai negara,” lanjut Devin.

Ia kemudian melanjutkan, “Ini juga merupakan pembuktian bahwa tea-rista dari Indonesia itu berkualitas, tidak hanya punya banyak store.”

Keseruan Grand Final 2023 Chatime Indonesia Tea-rista Competition

Dihadiri langsung oleh TFR, Grand Final 2023 Chatime Indonesia Tea-rista Competition sendiri digelar dengan seru. 

Tiga tim tea-rista Chatime Indonesia berkompetisi pada dua sesi, di mana mereka harus menyajikan minuman berdasarkan tema yang telah diundi, yakni Gen Z, Tropical, dan Energetic. Kemudian pada sesi kedua, mereka harus membuat minuman yang menyorot Cimory Yogurt. 

Tak hanya itu, para juri turut menguji pengetahuan para grand finalist mengenai topik seputar produk dan standar operasional Chatime Indonesia, kompetitor, hingga cara menangani pelanggan, yang tentunya harus dijawab dalam bahasa Inggris.

“Ini adalah challenge, bagaimana para tea-rista ini bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Karena kompetisinya di Taiwan, jadi semuanya harus dalam bahasa Inggris,” terang Devin.

Devin pun mengatakan, “Kita juga memberikan kompetisi yang mirip seperti di Taiwan supaya nanti kalau menang, mereka juga lebih gampang untuk bersaing di sana.”

Adapun dua pemenang yang nantinya akan pergi ke Taiwan ialah Ariobimo Alfiano dan Tasya Sheva Prafasiwi dari gerai Chatime Jakarta sebagai juara pertama dengan hadiah senilai Rp12 juta, serta Yusri dan Kartika Dwi Arum asal gerai Chatime Makassar sebagai juara kedua dengan hadiah senilai Rp8 juta.

Sampai Oktober mendatang, keempatnya akan terus dilatih untuk bersaing dengan tea-rista dari Chatime Taiwan, Filipina, Malaysia, Inggris, Australia, dan Kanada di Hilton Taipei Sinban, Taiwan.

Tidak hanya akan mewakili Chatime Indonesia ke Taiwan, nantinya mereka juga akan memperoleh apresiasi berupa uang tunai senilai total Rp27 juta.

“Harapannya kompetisi ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi (tea-rista) yang lain untuk ikut serta ke tahun-tahun berikutnya. Acara ini juga diharapkan bisa jadi ajang prestise dari Chatime,” tambah Director of Operations F&B ID Daisy Hermawan.