IdeaFest 2024 digelar kembali, gandeng 400 pembicara & hadirkan program kolaborasi!

Festival kreatif tahunan terbesar di Indonesia, IdeaFest, akan kembali digelar untuk yang ke-13 kalinya di Jakarta Convention Center (JCC) pada 27-29 September 2024.

Tahun ini, acara tersebut mengangkat tema “i” untuk merepresentasikan karakter setiap individu dari berbagai generasi dalam upaya mendorong perkembangan industri kreatif.

Simbol “i” dalam tema itu bermakna bentuk perwujudan para individu dengan segudang ide, inovasi, integritas, dan inspirasi melalui kontribusi nyata bagi pertumbuhan serta pemahaman kolektif di sekitarnya.

“Dengan mempertemukan individu-individu yang memiliki keahlian dan pengalaman berbeda, IdeaFest memfasilitasi pertukaran ide antar generasi dari berbagai bidang, sehingga memunculkan wawasan, sinergi, dan informasi baru,” ujar Co-Chair IdeaFest 2024 Desy Bachir.

Pasalnya, hal itu dilakukan untuk mendukung sektor ekonomi kreatif yang menurut catatan data Kementerian Perindustrian 2023 berkontribusi menyumbang 7,8% dari PDB Nasional.

Desy pun melanjutkan, “Melalui IdeaFest, kami ingin turut berkontribusi dalam membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik melalui kolaborasi di antara pelaku industri kreatif terbaik di seluruh dunia.”

Baca juga: IdeaFest 2023 “Lead the Leap!” resmi digelar untuk dorong revolusi kreatif

Kembali hadir dengan deretan program terkurasi

Selama tiga hari penyelenggaraannya, IdeaFest 2024 akan menghadirkan rangkaian program menarik yang terbagi ke dalam 140 sesi bersama lebih dari 400 pembicara!

Beberapa program yang akan kembali antara lain IdeaTalks, IdeaFest X, Comedy, IdeaFriends Forum, IdeaFest Night, Experiential Expo, sampai IP & Content Expo.

Rangkain acara tersebut akan diisi para pemimpin industri, inovator, inisiator, dan pelaku industri kreatif untuk saling berdiskusi dan membahas isu-isu penting dari berbagai sudut pandang generasi.

Sejumlah tokoh ternama yang akan meramaikan acara ini di antaranya, Kiyoung Kang (ADLV), Shintaro Murakami (Dentsu Creative Lab), Mikael Jasin (2024 World Barista Champion), Cinta Laura (Entertainer and Sociopreneur), Afutami (Think Policy), Deddy Corbuzier, dan Alissa Wahid (Psikolog).

Selain itu, ada pula Aliyah Natasya (DNA Finance), Gunawan Lo (Artket & Semasa), Ivan Gunawan (Fashion Designer), Renaldi Perdana Kusuma (Tenue de Attire), Ritchie Ned Hansel (ADGI), Teguh Wicaksono (VIDIO), Tita Djumaryo (Ganara Art), Trivet Sembel (VOLIX Group), dan masih banyak lagi.

Tak hanya talkshow, turut hadir pula Creative Market & Food Market oleh Semasa yang akan meramaikan bersama lebih dari 100 brand lokal dengan berbagai variasi produk.

Di samping mendengarkan talkshow dari sederet pembicara terkurasi, pengunjung bisa berbelanja produk gaya hidup, makanan dan minuman, hingga kebutuhan sehari-hari.

Menariknya, IdeaFest 2024 menghadirkan sesuatu yang baru, program kolaborasi IdeaFest X bersama Podhub, Login, Malaka Project, Thirty Days of Lunch, ADGI, Pear Press, dan Minutes of Manager.

“Kolaborasi ini menjadi wadah bagi para local IP untuk mengembangkan dan memperkenalkan IP mereka ke masyarakat luas, khususnya teman-teman yang akan datang ke IdeaFest,” ujar Deddy Corbuzier.

Bahkan, IdeaFest 2024 juga akan menghadirkan lokakarya dan pameran yang dirancang untuk menginspirasi dan mendorong inovasi bagi para pengunjung.

“Kami harap dengan kehadiran IdeaFest di setiap tahunnya dapat mendorong kecerdasan dan kolaborasi antar sesama, menghubungkan para pemikir cerdas dan inovatif untuk berbagi pengalaman serta menciptakan dampak positif bagi kemajuan industri kreatif,” tutup Desy.