Jakarta Fashion Week 2024 rayakan kreativitas lintas generasi

Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 resmi dibuka kemarin, Senin (23/10), mengusung “Fashion Continuum: Bridging Generations” sebagai tema utamanya.

Pasalnya, perhelatan JFW kali ini menggabungkan berbagai industri kreatif dan para pelaku mode lintas generasi dalam sebuah panggung penuh gaya.

Pekan mode terbesar di Indonesia ini turut memperingati 16 tahun perjalanannya lewat tema tersebut.

“Kami ingin merangkum 16 tahun perjalanan kami yang menjadi fondasi mode Indonesia. Bridging generations merupakan spirit yang menggambarkan JFW sebagai wadah bagi desainer di setiap generasi sekaligus jembatan bagi fashion Indonesia di kancah global,” ujar Chairwoman JFW & CEO GCM Group Svida Alisjahbana dalam acara konferensi pers pembukaan JFW, Senin (23/10).

Jakarta Fashion Week 2024 sendiri diawali dengan show Perayaan 44 Tahun Lomba Perancang Mode (LPM) yang menampilkan parade para alumni LPM, LPA (Lomba Perancang Aksesori), dan LPMM (Lomba Perancang Mode Menswear) dari awal kompetisi pada 1979 silam sampai 2022.

Baca juga: JMFW 2024 segera digelar, fokus pada penguatan ekosistem modest fashion

Melibatkan lebih dari 100 perancang mode

Sebanyak lebih dari 100 desainer nasional dan internasional akan memamerkan inovasi serta kreativitas terbaiknya di panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2024.

Mulai dari Oscar Lawalata Culture, Ivan Gunawan, Didiet Maulana, Danjyo Hiyoji, Ernesto Abram, BINhouse, MORAL, Sean Sheila, Stellarissa, Sejauh Mata Memandang, Starry, Tanah Le Sae, hingga Buttonscarves, IKYK, dan Ria Miranda.

Dewi Fashion Knights juga akan hadir dalam dua sesi, yakni #DFK2023 “The Visionary” untuk kategori ready-to-wear dan #DFK2024 “The Artistry”.

“Yang paling menarik dari JFW 2024 adalah line-up kali ini sangat variatif. Kami di tahun ini juga akan menggelar Fashion Awards yang menampilkan desainer muda berbakat di kategori ready-to-wear dan artistry,” ujar Creative Director JFW 2024 Andandika Surasetja dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu, para desainer ataupun jenama yang baru berdiri dianugerahkan Fashion Force Award 2023.

Dika melanjutkan, “Tahun ini kita menggelar banyak sekali kolaborasi. Harapannya JFW dapat menjadi platform yang menyorot talenta terbaik Indonesia yang datang dari berbagai generasi.”

Dilengkapi dengan pop-up store

Menariknya lagi, lebih dari sekadar pagelaran busana, JFW 2024 makin meriah dengan adanya pop-up store yang dapat dikunjungi publik. 

Mulai dari pop-up Fashionlink di atrium PIM 3 lantai 3 yang produk mode dan kecantikan, hingga Dewi’s Luxe Market yang menghadirkan koleksi mode dan kecantikan premium dari para desainer serta jenama yang berpartisipasi di JFW.

Jakarta Fashion Week 2024 digelar selama sepekan pada 23-29 Oktober 2023 di City Hall, PIM 3, Jakarta Selatan.

Acara ini juga dapat disaksikan secara daring melalui JFW.TV, YouTube, Vidio, DensTV, dan Fashion TV. 

Selain itu, kanal media sosial JFW, seperti Instagram, Facebook, X, dan TikTok juga akan menayangkan acara ini secara real time melalui fitur live streaming.

“Sama seperti tahun lalu, JFW 2024 juga dapat disaksikan melalui berbagai saluran daring. Dengan demikian, acara ini tidak hanya menjangkau pecinta mode di Jakarta, tetapi nationwide atau bahkan worldwide,” tutup Svida.