Kastil bersejarah di Skotlandia dijual seharga Rp550 juta

Salah satu kastil bersejarah di Skotlandia sedang ditawarkan untuk dijual. Menariknya, kastil tersebut dijual seharga £30.000 (sekitar Rp557 juta), bahkan lebih murah dibandingkan harga jual rumah di sana.

Brough Lodge, kastil yang berada di pulau Shetland telah berdiri sebagai monumen bersejarah selama lebih dari satu abad.

Bangunan berusia 200 tahun itu terletak di tanah seluas 40 hektar dan dilengkapi oleh menara, halaman, hingga taman yang dikelilingi tembok.

Meski dijual dengan harga murah, pembeli telah diperingatkan bahwa mereka akan membutuhkan banyak uang untuk menutupi biaya renovasi gedung tersebut.

Baca Juga: Pertama di dunia, hotel dengan konstruksi 3D-printed segera hadir di Texas

Sudah tak berpenghuni sejak tahun 1980-an

Brough Lodge merupakan bangunan terdaftar kategori A yang memiliki kepentingan nasional dan terletak di ujung barat Laut Fetlar.

Bangunan bersejarah ini pertama kali dibangun oleh seorang pedagang bernama Arthur Nicholson yang terinspirasi dengan gaya arsitektur yang ditemuinya ketika ia bepergian ke Prancis, Swiss, dan Italia.

Melansir BBC (31/5), bangunan unik di pulau yang hanya berpenduduk 61 orang ini telah kosong atau tak lagi dihuni sejak 1980-an, ketika Lady Nicholson terakhir pindah.

Kemudian, The Brough Lodge Trust dibentuk pada 1998 untuk melestarikan bangunan tersebut.

Pewaris terakhir keluarga Nicholson, Olive Borland, telah mengalihkan kepemilikan perkebunan ke The Brough Lodge Trust pada 2007.

Kemudian, The Brough Lodge Trust telah meminta ‘pengusaha filantropis’ untuk menjalankan rencana mengubah kastil menjadi tempat penginapan kelas dunia.

Proposal yang mereka ajukan akan tetap mempertahankan bangunan yang sudah ada, dengan menambahkan 24 kamar tidur dan restoran di sana.

Dalam video pitch mereka, juru bicara The Brough Lodge Trust, mengatakan, “Bangunan dan tanah sekarang ditawarkan untuk dijual kepada seseorang dengan semangat dan kemampuan untuk melakukan perubahan.”

“Di tempat yang indah ini, ada kesempatan untuk menciptakan tempat istirahat kelas dunia yang menawarkan pengalaman yang luar biasa bagi para tamu,” tambahnya.

Harga jual murah, namun biaya renovasi diperkirakan mencapai ratusan miliar

Sejak mengambil alih perkebunan, kepercayaan yang dikelola sukarelawan telah menghabiskan lebih dari Rp9 miliar dari sumbangan untuk membuat properti kedap air dan menambah atap baru.

Harga jualnya yang hanya £30.000 (sekitar Rp557 juta) pun secara substansial lebih rendah dari harga rata-rata sebuah rumah atau apartemen di Skotlandia.

Untuk itu, The Brough Lodge Trust memperkirakan bahwa pembeli harus mengeluarkan biaya hingga £12 juta (sekitar Rp222 miliar) untuk menyelesaikan renovasi dan melakukan beberapa pengembangan.

Dalam situsnya, mereka menulis, “Berdasarkan rencana yang telah kami kembangkan, karakter bersejarah bangunan ini akan dihormati sepenuhnya.”

Hasil penjualan kastil ini nantinya akan digunakan untuk biaya kuliah rajutan tangan untuk anak-anak, menjaga elemen kunci warisan artistik pulau itu agar tetap hidup.

Selain membawa pariwisata ke pulau itu, The Brough Lodge Trust menyatakan rencana yang diusulkan akan membawa manfaat ekonomi dengan membukanya 14 jenis pekerjaan baru.