Manga “My Hero Academia” akan hiatus dua minggu karena kesehatan kreator

Manga "My Hero Academia" hiatus selama dua minggu.

Manga My Hero Academiamengumumkan lewat akun Twitter resminya pada Kamis (2/2) lalu bahwa komik itu akan hiatus selama dua minggu karena masalah kesehatan kreatornya, Kōhei Horikoshi.

Sebelumnya, manga “My Hero Academia” dijadwalkan untuk meluncurkan dua bab terbarunya pada isu ke-10 majalah “Weekly Shonen Jump” terbitan Shueisha hari ini, Senin (6/2).

Melansir Sportskeeda (2/2), bahkan VIZ ataupun MANGA Plus belum mengubah jadwal penerbitannya di situs mereka, sehingga banyak pembaca yang tampak kebingungan dengan pengumuman mendadak ini.

Nantinya, manga karya Horikoshi itu akan kembali dapat dinikmati para pembacanya ke isu ke-12 majalah tersebut yang segera terbit pada 20 Februari mendatang.

Belum lama ini di bulan Desember lalu, “My Hero Academia” juga sempat hiatus selama satu pekan lantaran alasan yang sama. 

Sejauh ini, sejak November 2022, kreator manga tersebut telah mengumumkan hiatus sebanyak tiga kali.

Selain karena masalah kesehatan, tekanan kerja yang meningkat menjadi alasan di balik keputusan hiatus sementara itu. Di sisi lain, banyak pembaca yang mengkhawatirkan kondisi kesehatan Horikoshi.

Sementara itu, manga “My Hero Academia” sendiri kini sudah mencapai arc terakhirnya dan dijadwalkan untuk berakhir dalam satu tahun.

Baca juga: Netflix akan adaptasi “My Hero Academia” versi live-action

Tentang “My Hero Academia”

Dikutip dari Anime News Network (2/2), Horikoshi meluncurkan serial manga ini di “Weekly Shonen Jump” pada Juli 2014. 

Viz Media menerbitkan manga ini secara digital dalam bahasa Inggris dan cetak di Amerika Utara. Layanan MANGA Plus milik Shueisha juga menerbitkannya secara digital dalam bahasa Inggris. 

Episode pertama adaptasi animenya tayang perdana pada April 2016, kemudian musim kedua pada April 2017, musim ketiga pada April 2018, dan musim keempat Oktober 2019.

Video anime orisinal yang terdiri dari dua episode adaptasi waralaba itu dirilis di Jepang pada 2020 lalu. 

Sedangkan, musim kelima serial anime “My Hero Academia” tayang pada Maret 2021, diikuti video anime orisinal baru pada Juni 2022.

Adapun musim keenamnya telah dimulai sejak Oktober lalu dan akan tayang sampai seperempat tahun 2023 mendatang.