Pentas musikal “Hayati: Cerita Panji Mencari Hakikat Cinta” tampil perdana di Qatar

Pentas musikal “Hayati: Cerita Panju Mencari Hakikat Cinta” digelar untuk pertama kalinya di Katara Open House Doha, Qatar, pada Senin (22/5) malam waktu setempat.

Melansir CNN Indonesia (22/5), pertunjukan drama musikal tersebut menjadi bagian dari rangkaian program Qatar-Indonesia 2023 Year of Culture.

Digagas oleh Rama Soeprapto, pentas musikal “Hayati” mengisahkan cerita tentang Raden Panji dan Dewi Sekartaji, yang disutradarai oleh dirinya sendiri.

“Hayati adalah sebuah payung yang saya pakai di sini, di mana ceritanya tentang Panji dan Sekartaji. Jadi, tagline yang dipakai adalah Panji Searching For the Essence of Love,” jelas Rama dalam jumpa pers virtual. 

Di hari pertunjukan perdana pentas musikal “Hayati” tersebut, Rama pun mengatakan, “Kehidupan yang sebenarnya ada dalam diri kita itu banyak sekali bisa ditransformasikan dalam Cerita Panji.”

Selama pementasan, panggung diwarnai oleh permainan peran dari 15 aktor teater, termasuk Achmad Dipoyono dan Kadek Dewi Aryani sebagai pemeran utama, dengan iringan musik dari lima musisi. 

Rama turut menjelaskan, tarian gabungan antara budaya Jawa dan Bali juga akan disuguhkan dalam pentas musikal “Hayati” tersebut.

Sebagai informasi, pentas musikal “Hayati” memiliki judul berbahasa Inggris “Hayati: Panji Searching For the Essence of Love”.

Pementasan tersebut merupakan hasil kolaborasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia bersama Qatar Museums, serta Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Baca juga: Arab Saudi kini perbolehkan seniman buat patung, bahkan yang menyerupai makhluk hidup

Pentas musikal “Hayati” menampilkan terjemahan di lokasi pentas

Lebih lanjut, pementasan yang naskahnya ditulis oleh Titien Wattimena ini mempertimbangkan dengan teliti perihal ketersampaian pesan pertunjukan.

Hal itu terbukti dengan tersedianya terjemahan bahasa Arab dan Inggris yang tertera di layar proyektor di lokasi pertunjukan pentas musikal “Hayati”.

“Dalam pagelaran saya, karena ini pakai multimedia jadi akan ada terjemahan bahasa Inggris (berisi) penggalan puitis supaya penonton bisa mengerti perjalannya,” lanjut Rama.

Alur kisah Raden Panji dan Dewi Sekartaji yang diangkat ke dalam pementasan

Mengangkat kisah cinta Raden Panji dan Dewi Sekartaji dengan latar Kerajaan Jenggala, pentas musikal “Hayati” ini menyoroti keinginan keduanya untuk menikah.

Akan tetapi, hubungan mereka terhambat karena takdir yang berkata sebaliknya. 

Pasangan kekasih itu terpaksa berpisah, dan Panji diselimuti duka, hingga mulai menutup diri dan mengalami kesedihan mendalam yang berlarut-larut.

Hingga suatu waktu, hidup Panji berubah. Ia mulai berpetualang, mencari cinta sejatinya, kemudian menemukan banyak pelajaran hidup dan jati dirinya.