Yura Yunita gelar “Pertunjukan Tutur Batin” di Surabaya dan Jakarta

Penyanyi Yura Yunita akan segera menggelar konser tunggalnya bertajuk “Pertunjukan Tutur Batin Live Concert” di dua kota di Indonesia pada Juni ini.

Dalam kesempatan ini, Yura Yunita akan mengajak para penggemar dan penikmat lagunya untuk menyelami lebih dalam setiap lagu dari album Tutur Batin serta karya lainnya.

“Pertunjukan Tutur Batin Live Concert” akan dipersembahkan pada 9 Juni 2023 di Jatim Expo Surabaya dan 16 Juni 2023 di Tennis Indoor Senayan Jakarta.

Lewat konser ini, Yura ingin berbagi rasa dan air mata dengan pendengarnya. Pasalnya album “Tutur Batin” sendiri berisi kumpulan kisah musikal dengan lirik dan melodi magis khas sang solois.

Album yang pertama kali diluncurkan pada Oktober 2021 itu sebelumnya telah membuahkan konser virtual yang ditayangkan lewat kanal YouTube.

“Di konser ini, aku ingin kita saling mencurahkan isi batin kita. Meluapkan segala emosi, berdansa, menangis, lega, dan berbahagia bersama. Jadi untuk apapun masalah yang sedang kita hadapi, semoga semua yang hadir nanti di konser bisa sama-sama mengucapkan terima kasih pada diri sendiri,” ucap Yura, dikutip dari siaran pers yang diterima TFR, Rabu (7/6).

Baca juga: Hiburan untuk semua (Bagian 1) : Musik bukan hanya untuk orang dengar

Konser “Pertunjukan Tutur Batin” rayakan ketidaksempurnaan

Pada pertunjukan kali ini, Yura berfokus pada emosionalitas dan koneksi yang dalam. Terlebih, musik-musiknya memang mampu menyentuh relung hati yang mendengarnya.

Lebih dari itu, Yura Yunita juga ingin mengajak para penggemar dan penikmat musiknya untuk bersama-sama merayakan ketidaksempurnaan pada diri masing-masing, sebab bagi Yura, imperfeksi merupakan wujud keindahan yang tidak perlu diseragamkan.

“Semoga konser ini bisa jadi pengingat, walau hari-hari terasa berat, namun kita akan terus berjalan, merawat, bertumbuh, terus berproses menjadi versi terbaik diri, dan bersama-sama merayakan ketidaksempurnaan kita semua,” lanjutnya.

Yura kemudian menambahkan, “Aku juga ingin menggaungkan bahwa kita sebagai manusia dan perempuan tidak perlu sempurna, dan mari kita merayakan ketidaksempurnaan kita bersama.”

Perayaan ini juga akan dilengkapi dengan penayangan visual video-video kiriman para penggemar Yura yang menampilkan ketidaksempurnaan mereka di media sosial, sehingga pesan utama dalam konser ini dapat tersampaikan dalam bentuk komunikasi dua arah.

Sejak pertama kali dirilis di platform streaming Spotify, album “Tutur Batin” telah didengarkan lebih dari 250 juta kali. Lagu dalam album tersebut juga telah menduduki berbagai tangga lagu di sejumlah negara, termasuk Malaysia dan Filipina.

Menurut Creative Director Donne Maula yang juga merupakan suami Yura Yunita, inspirasi utama dari pertunjukan ini adalah jiwa sang penyanyi sendiri, sehingga rasa merupakan aspek utama yang paling diperhatikan.

“Yang terpenting adalah rasa autentik ketika saya dan Yura mulai menulis satu persatu lagu di album ini. Mudah sekali untuk membuat pertunjukan gegap gempita dengan sound, lighting, dan visual yang megah, tapi tidak begitu dengan rasa. Untuk kami, yang terpenting adalah rasa,” terang Donne.

“Pertunjukan Tutur Batin” padukan unsur budaya modern dan tradisional

Menariknya lagi, konser tunggal ini akan memadukan unsur tradisional berupa tarian dan musik yang identik dengan musik kontemporer Yura sendiri.

Nantinya, “Pertunjukan Tutur Batin” akan dilengkapi dengan aransemen dari Ari Renaldi sebagai music director dan produser musik, diiringi oleh grup vokal INSIDEOUT.

Terdapat pula koreografi dari DSOUL Dance Company yang turut menggabungkan elemen tradisional serta modern.

“Jadi perpaduan unsur budaya modern dan tradisional akan jadi sangat menarik untuk disaksikan nanti,” ungkap Donne.

Selain itu, Yura juga akan membawakan lagu berbahasa daerah dengan pakaian tradisional rancangan desainer asal Bandung Ayung Berinda, yang memiliki ciri khas selalu menggunakan wastra pada setiap karyanya.

Sebanyak 20 lagu akan dibawakan dalam pertunjukan ini, termasuk sejumlah lagu dari album terdahulu yang telah dikenal dekat oleh para penggemar.

Informasi lebih lanjut tentang konser tunggal Yura Yunita dapat kamu telusuri melalui Instagram resmi @tuturbatinyura ataupun @yurayunita, ya!