Netflix cancel musim kedua serial animasi “Inside Job” karya Shion Takeuchi

Netflix batalkan musim kedua "Inside Job".

Netflix memutuskan untuk meng-cancel penayangan serial animasi dewasa “Inside Job” untuk musim kedua dari karya Shion Takeuchi yang tayang sejak 2021 silam ini.

Kabar ini pertama diumumkan oleh Takeuchi sendiri melalui cuitan Twitternya pada Minggu (8/1) malam. 

“Saya sangat patah hati untuk mengonfirmasi bahwa Netflix memutuskan untuk batal menayangkan musim kedua “Inside Job”,” tulis kreator yang juga menggarap serial hit komedi “Gravity Falls” (2012).

Lebih lanjut ia mengatakan dengan nada emosional, “Selama beberapa tahun ini, karakter-karakter (“Inside Job”) telah menjadi orang nyata bagi saya, dan saya merasa sangat hancur untuk tidak bisa menyaksikan mereka bertumbuh.”

Padahal, Netflix telah mengumumkan rencana musim kedua “Inside Job” pada Juni 2022 silam. 

Terlebih lagi, hingga Selasa (10/1) ini laman utama Netflix.com masih mencantumkan keterangan ‘2 seasons’ (dua musim) di samping tulisan ‘Serial TV US’, terkait penjelasan serial dewasa tersebut.

Namun, kepada Variety (9/1), seorang perwakilan Netflix telah mengonfirmasi pembatalan musim kedua serial dengan karakter utama Reagan Ridley yang dibintangi Lizzy Caplan itu.

Baca juga: Netflix akan adaptasi “My Hero Academia” versi live-action

Reaksi warganet terkait kabar musim kedua “Inside Job” ini 

Setelah pengumuman batalnya lanjutan dari musim pertama dengan 18 episode tersebut, Twitter dibanjiri reaksi kecewa dari warganet. 

Salah satunya terlihat pada cuitan dari akun bernama @shhhhhionn (9/1). Cuitan yang berhasil mengundang lebih dari 200.000 likes darinya, menampilkan pengumuman Takeuchi dengan tambahan keterangan, “Maaf, tapi ini semua benar.”

Di sisi lain, ada pula yang mengungkapkan kekecewaannya. “Kata-kata tidak dapat menggambarkan patah hati yang saya rasakan terhadap kru melihat kerja keras mereka dibatalkan seperti ini dan betapa marahnya saya pada Netflix. Ini sangat memilukan,” tulis akun @Animated_Antic (9.1).

Selain itu fan art (gambar penggemar) “Inside Job” membanjiri Twitter, yang seluruhnya tetap ditambahkan tulisan kekecewaan para penikmat serial atas keputusan layanan streaming tersebut.

Sinopsis serial animasi dewasa “Inside Job”

“Inside Job” adalah animasi sitkom parodi dari drama sci-fi “The X-Files” (1993) yang digarap Takeuchi bersama Alex Hirsch, mengutip Variety.

Kisah serial TV ini berkisar tentang dan karakter jenius sains bernama Reagan Ridley dan mitranya, Brett Hand yang berusaha memecahkan masalah alam semesta. Berbentuk komedi teori konspirasi, “Inside Job” juga menceritakan tentang sebuah organisasi pemerintah khayalan bernama Cognito Inc..

Musim pertama “Inside Job” dirilis dalam bentuk dua bagian, dimana bagian pertama dengan 10 episode diluncurkan Oktober 2020. Sedangkan bagian delapan episode bagian kedua, tayang sejak November 2022.