Vending machine buku bekas hadir di Manchester

Jika biasanya vending machine identik dengan jajanan, minuman, atau opsi snack lainnya, vending machine di Manchester, Inggris, justru menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Corn Exchange, sebuah bangunan yang memiliki banyak sejarah dan cerita, memanfaatkan buku-buku yang mereka miliki dengan memasang vending machine buku di ruang atriumnya.

Mengusung konsep read, swap, repeat, siapa pun bisa datang untuk mendapatkan buku bekas gratis melalui mesin tersebut.

Pengunjung, baik mereka yang sekadar membutuhkan buku untuk dibaca sepanjang perjalanan, ingin memperbarui bacaan di rumah, atau bahkan membutuhkan buku untuk menemani sesi minum kopi, bisa langsung datang ke bangunan tersebut untuk mendapatkan bacaan baru!

Melansir Secret Manchester, tim Corn Exchange mengajak para pecinta buku untuk datang membawa buku lamanya dan menukarkannya dengan buku yang ada di dalam vending machine.

Baca juga: Bintang “Stranger Things” Millie Bobby Brown rilis novel perdananya di 2023

Bertujuan untuk menjaga lingkungan

Inovasi ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu menjaga lingkungan sekaligus mengurangi limbah buku.

Di vending machine ini, pengunjung dapat menemukan buku preloved dengan berbagai genre yang bisa dipilih.

Untuk mendapatkan buku-buku tersebut, pengunjung hanya perlu membawa satu buku bekas yang sudah dibaca, kemudian menukarnya dengan token untuk mendapatkan akses ke vending machine tersebut dan memilih bacaan baru.

Buku-buku dalam mesin tersebut pun bebas dari pungutan biaya alias gratis, namun untuk mendapatkannya setiap orang harus mendonasikan satu buku bekas baru agar bisa memperoleh token.

Selaras dengan konsep read, swap, repeat yang tadi disebutkan, siapa pun bisa berulang kali menukarkan bukunya sebanyak yang mereka inginkan.

“Kami senang dapat memasang vending machine buku di The Corn Exchange dan tak sabar untuk memulai komunitas pecinta buku untuk melihat buku apa saja yang dibaca orang-orang Manchester,” kata Manajer Pemasaran Corn Exchange, Alison Hogarth.

Ia kemudian melanjutkan, “Seluruh buku di dalam mesin kami merupakan buku bekas, sehingga kami dapat menjaga jumlah buku preloved agar tidak terlalu banyak untuk membantu lingkungan.”

Bagi TFR People yang berada di Inggris, vending machine ini dapat ditemukan di pintu keluar Jalan Fennel di bangunan Corn Exchange.