Menang Grammy Awards 2023, Viola Davis jadi orang ke-18 peraih EGOT

Viola Davis resmi menjadi seniman ke-18 yang mendapatkan EGOT, pemenang penghargaan tertinggi di dunia hiburan usai berhasil memenangkan salah satu kategori di Grammy Awards 2023.

EGOT sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada seniman di industri hiburan dunia yang berhasil memenangkan penghargaan Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony (EGOT).

Lewat perhelatan yang digelar pada Minggu (5/2) waktu setempat, Davis melengkapi koleksi penghargaan EGOT miliknya lewat autobiografi audio berisi perjalanannya yang bertajuk “Finding Me”.

Sebelumnya, ia telah memenangkan piala penghargaan Emmy berkat perannya di film “How to Get Away with Murder” (2015) dan Oscar lewat film “Frences” (2016).

Bahkan, dua Tony lebih dahulu lewat drama panggung “King Hedley II” (2001) dan “Fences” (2010).

Sedangkan, untuk kemenangannya kali ini, Davis yang kini berusia 57 tahun mendapatkan penghargaan untuk kategori Best Audio Book, Narration, and Storytelling Recording.

Dalam pidato ketika menerima penghargaan bergengsi tersebut, aktris asal Amerika tersebut memberikan tribute untuk dirinya di masa muda.

Baca juga: 7 daftar pemenang penghargaan Golden Globe 2023

Buku untuk mengapresiasi Viola Davis muda

“Saya menulis buku ini untuk menghormati Viola Davis (saat) berusia enam tahun,” ungkapnya di atas panggung, melansir CNN Entertainment, Senin (6/2).

Tidak hanya itu, Davis pun menambahkan, “Untuk menghormati hidupnya, bahagianya, traumanya, dan segalanya. Ini merupakan perjalanan panjang, saya mendapatkan EGOT!”

Perjalanan karier seorang Viola Davis memang telah diwarnai oleh berbagai prestasi dan penghargaan. 

Bahkan pada 2015 silam, dirinya menjadi perempuan kulit hitam pertama yang memenangkan penghargaan Emmy untuk aktris terbaik di sebuah drama.

Tidak hanya itu, kemudian pada 2017, Viola Davis kembali menjadi perempuan kulit hitam pertama yang mendapatkan tiga nominasi Academy Awards.

Dalam hal penghargaan EGOT, dikutip dari NPR (5/2), ia merupakan perempuan kulit hitam ketiga yang masuk ke dalam daftar eksklusif tersebut.

Sementara itu, ke-17 pemenang EGOT lainnya meliputi Sir John Gielgud, Rita Moreno, Andrew Lloyd Webber, John Legend, dan Jennifer Hudson, sebagaimana dilansir dari BBC.