JAFF MARKET segera hadir sebagai sarana networking ekosistem perfilman Indonesia

Jogja-NETPAC Asian Film Festival untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan JAFF MARKET, yakni sebuah acara industri sebagai wadah berjejaring bagi seluruh ekosistem perfilman Indonesia.

JAFF MARKET akan digelar di Expo Center, Yogyakarta pada 3-5 Desember dan diharapkan mampu mendorong pertumbuhan inovasi industri film di Indonesia.

Inisiatif yang diselenggarakan bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini dilatarbelakangi oleh dibutuhkannya etalase untuk menampilkan industri film lokal.

“Kami mengambil kesimpulan bahwa JAFF memerlukan sebuah unit bisnis untuk mengembangkan penyelenggaraan festival serta menjamin keberlanjutannya. Untuk itu, JAFF MARKET hadir sebagai sebuah marketplace dan etalase yang menampilkan industri perfilman,” ujar Chairman JAFF MARKET Ifa Isfansyah.

Melansir siaran pers yang diterima TFR, Selasa (3/9), penyelenggaraan pertama JAFF MARKET harapannya bisa menjadi ruang kolaborasi yang dapat membuka peluang besar di masa mendatang, khususnya bagi para sineas dan stakeholder.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra mengatakan, dengan begitu dapat tercipta film-film berkualitas dan mendapatkan apresiasi di festival film internasional.

“Sehingga para sineas dengan stakeholder, terutama para investor, dapat saling bertemu dan berjejaring. Semoga kita semua dapat berkomitmen bersama untuk terus memajukan ekosistem perfilman yang lebih baik di Indonesia,” ucapnya.

Baca juga: “Ngeri-Ngeri Sedap” akan tayang khusus penyandang tunanetra di JAFF 2022

Hadir dengan berbagai rangkaian program!

Berbagai program akan hadir sebagai sarana bertemunya para pelaku di dalam ekosistem perfilman Indonesia.

Salah satunya ialah Film Industry Exhibition sebagai tempat untuk menampilkan dan memamerkan potensi perfilman Indonesia, mulai dari produksi, edukasi, distribusi, institusi, dan deretan elemen lainnya.

Adapun JAFF Future Project, JAFF Content MARKET, JAFF MARKET Partnership Forum, JAFF MARKET Screening Room, hingga dua program yang bekerja sama dengan Netflix, yakni Talent Day dan Reel Life Film Camp.

Tak ketinggalan, Network Event yang dipersiapkan sebagai ajang untuk memperluas jaringan pelaku industri dan ekosistem perfilman yang bersifat kasual.

JAFF MARKET sendiri akan terbuka bagi para profesional di industri film dengan cara mendaftar pada bagian ‘akreditasi’ untuk mendapat MARKET Badge dan memperoleh berbagai keuntungan, termasuk seluruh akses ke venue acara.

Para pemegang badge tersebut juga memiliki akses database JAFF MARKET akreditasi, akses ke screening room, Shuttle Bus Service, akses Last Minute Line untuk seluruh screening di JAFF, akses mendaftar pertemuan dengan semua program dan konferensi, dan masih banyak lagi!

Bagi masyarakat umum yang  tertarik dengan industri film dan ingin ikut berpartisipasi, bisa membeli tiket daily pass yang akan tersedia.

Sebagai informasi, detail terkait jadwal program JAFF MARKET dan cara membeli tiket reguler acara ini dapat dilihat melalui Instagram resmi @jaffMARKET dan situs jaff-MARKET.com, ya!