Sebanyak 25 galeri seni bergabung dalam ArtMoments Jakarta 2023

ArtMoments Jakarta akan kembali digelar. Kali ini, ajang tahunan tersebut menghadirkan beragam karya dari 25 galeri seni dari Indonesia dan luar negeri.

Seperti tahun sebelumnya, ArtMoments Jakarta jadi platform inklusif yang dapat diakses semua kalangan dan bertujuan untuk mempromosikan seni sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Adapun tahun ini gelaran seni tersebut mengusung tema “EMBRACE MOMENTS: Continually Art”. 

Acaranya diselenggarakan di bawah arahan artistik Rizki Zaelani yang mengatakan bahwa tahun ini ArtMoments Jakarta menyorot ekosistem seni.

“ArtMoments tidak hanya membicarakan seniman dan karya, tapi juga pertumbuhan ekosistem seni. Ini adalah kesempatan bagi galeri untuk menampilkan program yang tercermin pada karya dan seniman yang diikutsertakan,” ujar Rizki dalam konferensi pers ArtMoments Jakarta 2023, Kamis (3/8).

Co-founder dan Fair Director ArtMoments Jakarta Sendy Widjaja mengatakan, tema itu pun menampilkan optimisme serta apresiasi terhadap seni rupa Indonesia melalui berbagai upaya oleh institusi seni.

“Bentuk-bentuk ekspresi yang semakin kuat untuk terus meningkatkan sikap penghargaan inisiatif dan program seni rupa, khususnya galeri dan museum di Indonesia,” pungkasnya dalam kesempatan sama.

Baca juga: Hotel room art fair perdana di Indonesia, ArtMoments Bali 2023, telah rampung digelar

Berbeda dari tahun sebelumnya

Menurut  Sendy, ArtMoments Jakarta 2023 akan lebih spesial daripada tahun-tahun sebelumnya lantaran proses persiapannya yang lebih matang dan panitia pun lebih selektif dalam memilih galeri serta karya.

“ArtMoments Jakarta 2023 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kami mengangkat konsep yang mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Jadi yang dinikmati ini adalah hasil kurasi kami,” tutur Sendy.

Apalagi, gelaran tahun ini diikuti oleh galeri dan seniman legendaris dari berbagai belahan dunia, termasuk Amerika Serikat (AS), Korea, hingga Jepang.

Sendy mengungkapkan, “Kita juga kedatangan galeri dari AS yang menampilkan karya seniman legendaris dunia. Ada juga beberapa seniman Korea yang akan dipamerkan di ArtMoments 2023.”

Tentunya tak ketinggalan seniman Indonesia yang akan turut unjuk gigi lewat beragam karyanya untuk bersanding dengan seniman dunia.

“Jadi kita menyajikan karya seniman yang cukup mendunia dari dalam dan luar negeri. Kami berharap seniman Indonesia dapat disandingkan dengan seniman-seniman legendaris dunia,” tambahnya.

Hadirkan berbagai instalasi memukau

Hal lain yang menjadi keunikan ArtMoments Jakarta 2023 ialah kehadiran “Walk Cycle”, sebuah instalasi digital berskala besar yang dihadirkan oleh Galeri Whitestone asal Tokyo, Jepang.

Ada pula presentasi oleh G3N Project x Museum of Toys yang berbasis di Jakarta berupa patung setinggi 3,5 meter karya Arkiv Vilmansa!

Rizki juga mengatakan, ArtMoments kali ini dilengkapi program tambahan untuk memantik diskusi publik yang hadir.

“Ada beberapa program tambahan yang kami kembangan, yaitu interaksi yang melibatkan publik seperti talkshow,” ungkapnya.

Buat yang tertarik untuk datang, ArtMoments Jakarta 2023 akan diselenggarakan pada 18-20 Agustus 2023 di Grand Ballroom Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel.