Terinspirasi dari Jane Birkin, ini 7 fakta menarik Birkin bag dari Hermés

Aktris sekaligus penyanyi Inggris legendaris Jane Birkin yang populer di Prancis pada 1970-an dilaporkan meninggal dunia pada Minggu (16/7) kemarin. 

Melansir NPR, perempuan berusia 76 tahun itu disebut sebagai ikon yang tak lekang oleh waktu oleh Menteri Kebudayaan Prancis Rima Abdul Malak.

Tak heran, pasalnya selain berbagai talenta yang dimilikinya, ia juga merupakan sosok di balik salah satu tas paling ikonik dan mahal di dunia, yakni Birkin bag dari Hermés.

Lantas, apa saja berbagai fakta menarik Birkin bag? Bagaimana cerita di balik lahirnya tas tersebut hingga dijual dengan harga fantastis? Simak selengkapnya berikut ini!

Fakta menarik Birkin bag

1. Namanya terinspirasi dari Jane Birkin

Birkin bag Hermés pertama kali lahir dari keluhan Jane Birkin pada 1981 ketika ia tanpa sengaja duduk di samping CEO sekaligus head of design Hermés Jean-Louis Dumas.

Pasalnya, saat itu Dumas melihat barang-barang Birkin jatuh dari tas tangannya dan mendengar Birkin mengeluh bahwa ia membutuhkan tas fungsional yang tetap stylish.

Birkin pun berharap jika Hermés memiliki koleksi yang diinginkannya, maka ia akan segera membelinya.

“Ketika saya mengatakan bahwa saya berharap Hermés akan membuat tas yang dapat membawa seluruh barang bawaan saya, laki-laki yang duduk di samping saya ternyata bekerja di Hermés,” ujarnya dalam wawancara dengan The New York Times Style Magazine pada 2010, dikutip dari PageSix, Senin (17/7).

Baca juga: Panduan 'orang dalam' tentang Hermés

2. Sketsa orisinalnya dibuat di kantong muntah pesawat

Melansir Catawiki, dalam kesempatan sama, Jean-Louis Dumas terinspirasi dengan cerita Jane Birkin.

Ia bahkan langsung bertanya jenis tas seperti apa yang dia butuhkan. Birkin kemudian mengatakan bahwa ia membutuhkan tas yang lebih besar daripada Kelly, namun lebih kecil daripada koper.

Untuk memberikan gambaran yang jelas, ia pun ingin membuat sketsa. Namun, karena keterbatasan alat, Birkin pun menggambar sketsa Birkin pada sebuah kantong muntah pesawat yang tersedia.

Dari situlah Jean-Louis Dumas memutuskan untuk membuat tas Birkin sesuai keinginan Jane Birkin.

3. Pembuatan satu Birkin bag membutuhkan waktu hingga dua hari

Berbeda dengan kebanyakan tas pada umumnya, Birkin tidak melibatkan banyak orang dalam pembuatannya. 

Pasalnya, satu tas Birkin hanya melibatkan satu orang perajin, yang membuatnya dari awal hingga selesai dan siap untuk dijual.

Maka dari itu, tak hanya apabila perajin Hermés membutuhkan waktu hingga 48 jam sampai satu pekan penuh untuk memproduksi satu buah tas.

4. Birkin bag termahal terjual $300.000

Pada 2016, Christie berhasil menjual tas Birkin senilai hampir $380.000 atau sekitar Rp5,7 miliar. Tas tersebut ialah Hermés white Himalayan crocodile diamond bag yang terbuat dari kulit buaya Niloticus.

Tas tersebut mengandung lebih dari 240 mutiara, dengan hardware emas 18 karat, sebagaimana dikutip dari CNBC.

Namun, tas tersebut bukanlah tas Birkin paling mahal yang ditawarkan Hermés. Dikutip dari Money Inc, Hermés juga memiliki knotted handle gold and diamond Birkin bag senilai $2 juta atau sekitar Rp30 miliar.

Pasalnya, tas tersebut dibuat oleh desainer Jepang Ginza Tanaka, yang membutuhkan waktu selama 18 jam untuk membuatnya. 

Baca juga: Hermes menang dalam gugatan merek dagang terkait tas MetaBirkins milik Mason Rothschild

5. Jane Birkin menerima royalti dari Birkin bag

Melansir Luxury Launches, karena namanya dijadikan salah satu nama koleksinya, Jane Birkin setuju untuk mendapat kompensasi berupa satu Birkin bag sebagai ganti penggunaan namanya.

ANamun, sekarang ini, ia mendapatkan bayaran royalti tahunan senilai £30.000 atau sekitar Rp589,5 juta, yang mana ia selalu donasikan.

Beberapa waktu lalu, Jane Birkin sempat meminta Hermés untuk menghapus namanya dari koleksi tersebut sebagai tanggapan tegas setelah mendengar cara tidak etis Hermés dalam merawat hewan yang kulitnya digunakan untuk membuat tas. 

Akan tetapi, ia kemudian mengubah pikirannya.

6. Birkin bag memiliki 20 shades warna biru

Tak hanya hadir dalam pilihan warna nude yang elegan, Birkin bag juga dirancang dengan warna-warna cerah dan bold.

Sebagai contoh, Birkin bag memiliki lebih dari 20 shades warna biru. Hermés telah menciptakan seluruh spektrum warna biru yang bisa dipilih oleh para pecinta tas ini.

Lebih dari 30 tahun sejak pertama kali diluncurkan, para perajin Hermés telah memproduksi setidaknya 25 Birkin bag berwarna biru. Beberapa shades paling ikoniknya ialah Blue Jean, Mykonos, dan Bleu Roi.

7. Nama setiap Birkin bag menyesuaikan ukuran, warna, dan teksturnya

Fakta menarik lainnya tentang Birkin bag ialah, nama setiap tas disesuaikan dengan ukuran, warna, serta teksturnya.

Salah satu contohnya adalah Hermés 25 Birkin Bag Togo. Dikutip dari Town and Country Mag, tas tersebut mengacu pada Birkin bag berukuran 25 centimeter, dibuat dari kulit grainy togo yang menjadi signature brand tersebut.

Jadi, pembeli dan pecinta tas Birkin bisa mengetahui detail tas tersebut dari nama masing-masing tas.

Itulah beberapa fakta menarik Birkin bag Hermés yang ternyata punya berbagai keunikan di balik harganya yang fantastis!

Baca juga: Fesyen mewah: Hierarki, sejarah, dan wajahnya yang selalu berubah