Angkat banyak genre, ini 5 film di Japanese Film Festival 2023

Japanese Film Festival (JFF) 2023 akan segera diselenggarakan di enam kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Makassar, Bandung, Surabaya, Palembang, dan Yogyakarta.

Mendekati waktu penyelenggaraannya, The Japan Foundation merilis daftar film yang akan tayang dalam gelaran yang akan dimulai pada November 2023 mendatang.

Terdapat berbagai jenis genre film yang akan dipersembahkan di Japanese Film Festival 2023 nanti, mulai dari drama, aksi, komedi, romansa, misteri, horor, hingga animasi.

Melansir siaran pers JFF yang diterima TFR, simak selengkapnya deretan film dari beragam genre yang bisa kamu saksikan di penyelenggaraannya nanti!

Baca juga: 7 film terbaik Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli

Lineup film Japanese Film Festival 2023

1. “A MAN” (2022)

“A MAN” merupakan salah satu film yang wajib ditonton di Japanese Film Festival 2023. Film bergenre drama misteri yang disutradarai oleh ISHIKAWA Kei ini mengisahkan seorang ibu dan anak yang mengalami kebingungan setelah ayah dari keluarga tersebut mendadak meninggal dunia.

Diawali lukisan surealis karya René Magritte yang bertajuk “Not to be Reproduced”, “A MAN” dinilai dapat menggugah pikiran penonton, menjadikannya film penting bagi genre sinema Jepang.

Pasalnya, film ini menginterogasi moral rapuh yang merasuk masyarakat kontemporer. Makanya, tak heran apabila “A MAN” sukses meraih berbagai penghargaan, termasuk di Japan Academy Prize dan menjadi nominasi di Venice Film Festival.

Deretan pemain yang meramaikan “A MAN” di antaranya TSUMABUKI Satoshi, ANDO Sakura, dan KUBOTA Masataka.

2. “Gold Kingdom and Water Kingdom” (2023)

Film lain yang juga dapat disaksikan di Japanese Film Festival 2023 ialah film bergenre anime “Gold Kingdom and Water Kingdom”  besutan WATANABE Kotono.

Ini merupakan film yang diangkat dari sebuah manga karya IWAMOTO Nao berjudul “Kin no Kuni Mizu no Kuni”, yang pertama kali dirilis pada 2014 silam.

Seperti judulnya, film ini berlatar pada dua kerajaan bernama Alhamit dan Baikari, yang memiliki kondisi geografis bertolak belakang.  Meski mengangkat isu geopolitik, “Gold Kingdom and Water Kingdom” hadir dengan romansa klasik seperti “Romeo dan Juliet”.

Di lain sisi, di samping konflik menegangkan yang dibawanya, film yang dibintangi oleh KAKU Kento, HAMABE Minami, KAMIYA Hiroshi, hingga GINGA Banjyo ini menampilkan keindahan lanskap dua kerajaan, serta adegan manis dan hangat dari kedua karakter utamanya.

Baca juga: 5 rekomendasi film Greta Gerwig selain “Barbie”

3. “BRAVE: GUNJO SENKI” (2021)

Buat kamu yang merupakan penggemar ARATA Mackenyu, Japanese Film Festival juga menayangkan salah satu film laga yang dibintanginya, lho!

Adalah “BRAVE: GUNJO SENKI”, di mana ARATA hadir sebagai sosok anggota klub judo dari sekolah elit yang memiliki klub olahraga berprestasi.

Film ini mengangkat cerita para murid SMA yang mengalami time slip dan harus berada di tengah-tengah ketegangan zaman Sengoku.

Menariknya, nantinya mereka harus menjalani misi penyelamatan dan memecahkan masalah agar bisa kembali ke masa kini. Selain Arata, “BRAVE: GUNJO SENKI” juga dibintangi oleh MASUYAMA Kenichi dan MIURA Haruma.

4. “The Forbidden Play” (2023)

Untuk kali pertama di Japanese Film Festival, akan hadir genre horor dalam salah satu lineup filmnya. “The Forbidden Play” karya NAKATA Hideo yang sebelumnya menggarap “Ring” (1988) akan hadir dalam festival ini.

Ini merupakan karya horor NAKATA yang mengangkat polemik utama mengenai keluarga serta kutukan. Ceritanya diawali dari sebuah keluarga kecil yang harmonis, namun menjadi kacau usai kematian sang ibu.

Tak terima dengan kematian ibunya, sang anak pun menghalalkan segala cara untuk membangkitkan kembali ibunya dari kematian.

“The Forbidden Play” dibintangi oleh SHIGEOKA Daiki, HASHIMOTO Kanna, HOTTA Mayu, dan KURA Yuki.

Baca juga: Selain “Oppenheimer”, ini 7 rekomendasi film terbaik Cillian Murphy

5. “We Made a Beautiful Bouquet” (2021)

Kemudian, ada “We Made a Beautiful Bouquet” yang disutradarai oleh DOI Nobuhiro dan dibintangi oleh SUDA Masaki serta ARIMURA Kasumi.

Film bergenre drama romansa ini menceritakan kisah karakter bernama Mugi dan Kinu yang memiliki rasa penasaran antar satu sama lain. 

Keduanya hidup di bawah tekanan untuk mempertahankan penghasilan tanpa mengorbankan hasrat kreatif mereka di tengah-tengah banyaknya orang yang memasuki dunia kerja Jepang yang melelahkan.

Film ini dengan apik menggambarkan kisah cinta penuh suka duka antara keduanya, ketika mereka harus menghadapi kenyataan pahit dari kehidupan masyarakat yang membebani hubungan serta perasaan mereka.

Nah, selain kelima film di atas, ada tujuh judul lain yang juga dapat disaksikan di Japanese Film Festival 2023.

Mulai dari “MONDAYS: See you “this” week!”, “The Lines That Define Me”, “FATHER OF THE MILKY WAY RAILROAD”, “THE WATER FLOWS TO THE SEA”, “AND YET, YOU ARE SO SWEET”, “Lesson in Murder”, sampai “LUPIN THE 3rd, THE CASTLE OF CAGLIOSTRO”.

Sebagai informasi JFF akan dimulai di Jakarta pada 2-5 November 2023, kemudian Makassar pada 17-19 November 2023, Bandung pada 8-10 Desember 2023, Surabaya dan Palembang pada 20-21 Januari 2024, serta Yogyakarta pada 27-28 Januari 2024.

Informasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat dilihat di Instagram @jf_jakarta atau situs https://ja.jpf.go.jp/id/, ya!