5 rekomendasi film Greta Gerwig selain “Barbie”

Barbie menjadi film Greta Gerwig yang banyak dibicarakan dalam beberapa waktu belakangan ini. Selain karena diadaptasi dari intellectual property (IP) yang membuat banyak orang bernostalgia, film ini disutradarai oleh Gerwig yang karyanya memang selalu ditunggu-tunggu.

Melansir CNN Business, live-action “Barbie” bahkan berhasil meraup $155 juta atau Rp2,3 triliun di Amerika Serikat (AS) di pekan pertama penayangannya, menjadikannya film dengan pembukaan terbesar di dunia sepanjang 2023 dan debut terbesar sutradara perempuan!

Namun selain “Barbie”, Gerwig sendiri telah melahirkan banyak film sukses. Greta Gerwig bukanlah pemain baru di industri ini, sebab dalam 17 tahun terakhir, namanya telah dikenal di genre film independen sebagai aktor dan filmmaker.

Gerwig dikenal dengan karakter yang kreatif, bersemangat, dan romantis. Tema-tema yang diangkat dalam filmnya berpusat pada identitas, hubungan, hingga mempertanyakan norma sosial.

Lantas, apa saja film Greta Gerwig yang wajib ditonton selain “Barbie”? Dikutip dari CBR, simak rekomendasinya berikut ini!

Baca juga: 7 rekomendasi film tentang pelukis tersohor dunia

Rekomendasi film Greta Gerwig

1. “Lady Bird” (2017)

“Lady Bird” merupakan film kedua yang digarap oleh Greta Gerwig dan berhasil memperoleh berbagai pujian. Tak heran, pasalnya film ini dinilai menampilkan pertumbuhan dan pendewasaan Gerwig sebagai seorang pembuat film.

Film yang dirilis pada 2017 dan dibintangi oleh Saoirse Ronan serta Timothée Chalamet ini memiliki alur cerita yang sederhana, namun justru itulah yang membuat film ini menjadi makin spesial.

“Lady Bird” sendiri menceritakan seorang perempuan muda yang memiliki hubungan rumit dengan ibunya. 

Meskipun begitu, film ini diceritakan dengan narasi dan dialog penuh candaan yang menghibur penonton. Di lain sisi, film ini juga menampilkan emosi yang membawa penonton seakan menjadi karakter utamanya.

Pada akhir film ini, Greta Gerwig selaku sutradara dan penulis membuat penonton harus menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Maka dari itu, tak heran apabila “Lady Bird” menjadi salah satu film terbaiknya.

2. “Little Women” (2019)

Rekomendasi film Greta Gerwig berikutnya adalah “Little Women”, film ketiga yang disutradarai olehnya.

Dibintangi oleh Saoirse Ronan, Florence Pugh, Timothée Chalamet, Emma Watson, Eliza Scanlen, dan Meryl Streep, film ini merupakan adaptasi novel klasik karya Louisa May Alcott dengan judul yang sama.

Selain “Lady Bird”, “Little Women” menjadi film Greta Gerwig lainnya yang mendapatkan ulasan positif dari para kritik dan penonton. 

Dalam film ini, Gerwig dianggap dapat memberikan keseimbangan antara menjaga orisinalitas cerita “Little Women” dari novel aslinya, namun tetap memberikan berbagai sentuhan kreatif agar dapat dinikmati dengan audiens modern.

Menariknya lagi, Gerwig berhasil menyorot dan memberikan adegan khusus untuk masing-masing cast utama, di mana keempat kakak-beradik menjelaskan keinginan hingga alasan terkait mimpi mereka.

Dalam film ini, karakter Amy March (dibintangi oleh Saoirse Ronan) juga digambarkan lebih positif daripada karakter aslinya di novel. 

Baca juga: 7 film Korea terbaik yang dapat ditonton di Netflix

3. “Frances Ha” (2012)

Berbeda dengan dua film sebelumnya dalam list ini, dalam “Frances Ha”, Gerwig berperan sebagai penulis sekaligus aktor yang membintangi karakter pertama dalam cerita, yakni Frances, yang memiliki karakter quirky.

Gerwig menghadirkan karakter yang hilang arah, namun tangguh. Ia benar-benar tidak memalsukan realitas mengenaskan dari kehidupan karakter yang dibintanginya tersebut. Di sisi lain, pembawaannya tidak memberikan kesan negatif.

Penampilan Gerwig sebagai Frances pun mendapatkan respons positif, khususnya pada bagian monolog yang menjadi adegan kunci dalam film ini.

Pasalnya, monolog tersebut memberikan audiens segala hal yang dibutuhkan untuk mengenal karakter Frances tanpa harus menyaksikan film ini secara keseluruhan.

Frances sendiri merupakan karakter yang dikenal jujur, terbuka, romantis, dan paham apa yang diinginkannya. 

4. “Isle of Dogs” (2018)

“Isle of Dogs” merupakan film garapan sutradara Wes Anderson. Dalam film ini, Greta Gerwig mengisi suara karakter Tracy Walker, seorang siswa asal Amerika yang membantu para pahlawan dalam film mengungkap konspirasi pemerintah.

Ini merupakan satu-satunya film di mana Greta Gerwig menjadi pengisi suara. Kendati demikian, ia berhasil mendalami karakter yang Walker dengan sempurna.

Selain memang Walker ditulis dengan baik, Gerwig membuktikan bahwa dirinya memang cocok membintangi karakter tersebut. 

Dengan penyampaian tiap dialog, Gerwig berhasil menampilkan passion seorang perempuan muda yang pintar dan tidak takut untuk bertanya.

Bahkan, saking bagusnya film Greta Gerwig yang satu ini, banyak audiens yang meminta lebih banyak adegan untuk karakter Tracy Walker.

Baca juga: 5 rekomendasi drama Korea tentang kerja keras

5. “20th Century Women” (2016)

Berikutnya ada “20th Century Women”, film Greta Gerwig yang dirilis pada 2016 silam. Di sini, ia berperan sebagai aktor, membintangi karakter bernama Abbie yang merupakan seorang perempuan muda, artistik, dan mandiri yang mengalami krisis identitas.

Lagi-lagi, dalam film ini Gerwig sukses menggambarkan kesulitan dan kekuatan dari Abbie, yang ditampilkan dengan penuh kehangatan.

Banyak penonton yang mengatakan bahwa karakter tersebut akan tetap berkesan baginya meskipun hanya ditampilkan sedikit saja. Ini membuktikan bagaimana akting Gerwig berhasil membuat audiens terpukau.

Baik Mike Mills, sutradara “20th Century Women” dan Greta Gerwig berhasil membawa karakter Abbie pada potensi maksimalnya dan secara seamless