7 rekomendasi film Wes Anderson dengan rating tertinggi di IMDb

Nama Wes Anderson tengah menjadi perbincangan di jagat maya. Di TikTok dan Instagram, beredar berbagai video dengan pengambilan gambar yang mengikuti ciri khas Anderson.

Anderson sendiri merupakan filmmaker atau pembuat film asal Amerika yang memiliki ciri khas pengambilan gambar simetris, detail, dan memperhatikan pemilihan warna.

Ia juga secara konsisten menggunakan aktor, kru, dan kolaborator yang familier di hampir semua filmnya yang diproduksi setiap dua sampai tiga tahun sekali.

Kalau TFR People penasaran dan tertarik untuk menyaksikan mahakaryanya karena tren yang lagi viral di media sosial, kamu bisa lanjut membaca artikel rekomendasi film Wes Anderson ini sampai akhir!

Rekomendasi film Wes Anderson

Berdasarkan rating di situs IMDb, berikut ini tujuh rekomendasi film terbaik Wes Anderson untuk kamu saksikan, dikutip dari Collider!

1. “The Grand Budapest Hotel” (2014)

“The Grand Budapest Hotel” merupakan film terbaik Wes Anderson yang berhasil mendapatkan 9 nominasi dan memenangkan 4 penghargaan Oscar.

Sama seperti kebanyakan filmnya, Anderson memasukkan cerita ke dalam cerita di balik tembok hotel-hotel yang ada di film ini.

Dalam film tersebut, seorang penulis yang menginap di hotel tersebut dibawa berpetualang ke masa-masa keajaiban The Grand Budapest Hotel.

Film fitur ini terletak di urutan ke-184 di antara 250 film teratas IMDb. Lewat film inilah Anderson mendapatkan nominasi Oscar pertamanya untuk kategori Best Director dan nominasi penulisan ketiganya.

“The Grand Budapest Hotel”, yang memenangkan Best Production Design dan memperoleh rating 8.1/10 di IMDb, dapat dikatakan sebagai karya seni sinematik serta karya terbaik Wes Anderson.

Baca juga: 7 rekomendasi film tentang pelukis tersohor dunia

2. “Fantastic Mr. Fox” (2009)

Mendapatkan rating 7.9/10 di IMDb, entri dalam filmografi Anderson ini membuktikan bahwa pendekatan gaya pembuatan film khasnya juga dapat diterjemahkan dengan baik ke dalam bentuk animasi.

“Fantastic Mr. Fox” yang dibintangi oleh George Clooney sebagai pengisi suara Mr. Fox merupakan seorang patriark keluarga dan pemimpin hutan yang merampok pertanian manusia dan menyebabkan pembalasan oleh petani setempat.

Film yang diadaptasi dari buku karya Roald Dahl ini bahkan menampilkan suara Anderson sendiri yang mengisi karakter Weasel.

Dalam mengembangkan salah satu film terbaik Wes Anderson ini, ia dibantu oleh Noah Baumbach yang menuliskan naskah adaptasinya.

Film fitur animasi perdananya membawa Anderson memperoleh nominasi Oscar untuk Best Animated Feature.

3. “Moonrise Kingdom” (2012)

Kalau kamu merupakan penggemar karya-karya Anderson, “Moonrise Kingdom” mungkin merupakan salah satu film yang tak bisa dilewatkan dalam daftar rekomendasi film Wes Anderson.

Ini merupakan cerita coming-of-age tentang sepasang kekasih berusia remaja yang melarikan diri ke hutan belantara hingga menyebabkan para orang dewasa di kota harus membentuk regu pencari untuk melacak mereka.

“Moonrise Kingdom” bukan hanya sekadar film romansa, namun dapat membawa penonton bernostalgia ke fantasi petualangan masa kecil.

Maka, tak heran apabila “Moonrise Kingdom” mendapatkan rating 7.8/10 di IMDb dan dinobatkan sebagai salah satu karya terbaik Anderson. 

Film ini hanya mendapatkan satu nominasi Oscar untuk Best Original Screenplay. Walaupun begitu, bahkan setelah lebih dari satu dekade sejak dirilis, film ini masih terus banyak diminati untuk ditonton!

Baca juga: 7 film Korea terbaik yang dapat ditonton di Netflix

4. “Isle of Dogs” (2018)

Film fitur animasi lainnya di daftar rekomendasi film Wes Anderson adalah “Isle of Dogs” yang menceritakan kisah seorang anak laki-laki asal Jepang yang mencari anjingnya setelah negara membuang anjing-anjing tersebut ke sebuah pulau.

Sejumlah cast yang ikut meramaikan film ini sebagai pengisi suara ialah Edward Norton, Bryan Cranston, Jeff Goldblum, Bill Murray, dan Bob Balaban.

“Isle of Dogs”, yang mendapatkan rating IMDb 7.8/10 ini merupakan representasi apik dari animasi stop-motion, sehingga tak heran apabila film ini memperoleh nominasi Oscar sebagai Best Animated Feature.

5. “The Royal Tenenbaums” (2001)

Di urutan kelima daftar film terbaik Wes Anderson terdapat “The Royal Tenenbaums” dengan rating IMDb 7.6/10.

Film ini mengisahkan sebuah keluarga tituler yang bersatu kembali secara tidak terduga pada suatu musim dingin.

“The Royal Tenenbaums” mengandung sindiran dan bagian sentimental yang membuat Anderson mendapatkan nominasi Oscar pertamanya untuk kategori Best Original Screenplay. Dalam hal cast, Anderson masih memilih bintang yang masih familier dengan para audiensnya.

6. “Rushmore” (1998)

Fitur kedua dari sutradara ikonik Wes Anderson ialah “Rushmore” yang meskipun sudah lebih dari dua dekade sejak dirilis, film ini masih menjadi favorit banyak orang.

Dibintangi oleh Jason Schwartzman sebagai Max, seorang remaja ambisius di Rushmore Academy yang menemukan dirinya dalam kesulitan aneh ketika laki-laki yang selama ini memberikannya nasihat romantis berselingkuh dengan guru yang ia cintai.

“Rushmore” sendiri menandakan film pertama dari 9 kolaborasi antara Anderson dengan Bill Murray. Film klasik yang masuk ke dalam berbagai genre ini mendapatkan rating 7.6/10 di IMDb!

Baca juga: 5 rekomendasi drama Korea tentang kerja keras

7. “The Darjeeling Limited” (2007)

Film Wes Anderson dengan rating tertinggi di urutan ketujuh adalah “The Darjeeling Limited” yang bergenre drama komedi.

Jason Schwartzman, Owen Wilson, dan Adrien Brody membintangi film ini sebagai tiga bersaudara yang berusaha untuk memproses kesedihan serta memulihkan ikatan persaudaraan dengan melakukan perjalanan melintasi India, setahun setelah kematian ayah mereka.

“The Darjeeling Limited”, yang mendapatkan rating IMDb 7.2/10, diselipkan oleh rumor dan menampilkan disfungsi keluarga. Roman Coppola dan Schwartzmanco menulis untuk film fitur ini bersama Anderson.

Demikian tujuh rekomendasi film Wes Anderson terbaik berdasarkan rating tertinggi di IMDb yang telah memperoleh berbagai nominasi dan penghargaan. Apakah ada yang sudah pernah kamu tonton?