7 film terlaris sepanjang masa dengan pendapatan tertinggi

Film terlaris sepanjang masa biasanya dapat dilihat dari jumlah pendapatan yang ditorehkan usai dirilis dan tayang di bioskop di seluruh dunia.

Tak bisa dimungkiri, profit atau keuntungan merupakan hal krusial yang memiliki pengaruh besar dalam industri film, sehingga jumlah yang dihasilkan dari penayangan di layar lebar menjadi sangat diperhatikan oleh pembuat film.

Hal ini tentunya dilakukan agar perusahaan produksi dapat memastikan mereka memperoleh profit yang lebih besar daripada modal awal untuk membuat sebuah film.

Tentunya, film-film yang berhasil masuk ke dalam film terlaris sepanjang masa merupakan film-film yang dengan alur cerita yang apik hingga berhasil menarik perhatian penonton di seluruh dunia.


Film terlaris sepanjang masa

Dikutip dari laman Movie Web, yuk simak beberapa film tersukses sepanjang masa yang diurutkan berdasarkan pendapatan tertingginya berikut ini!

1. “Avatar”

“Avatar” | 20th Century Studio

Bahkan setelah 14 tahun sejak pertama kali dirilis di layar lebar pada 2009, “Avatar” masih menduduki posisi pertama sebagai film terlaris sepanjang masa.

Film ini menampilkan eksploitasi manusia yang dialami oleh sebuah suku lokal di planet bernama Pandora, serta upaya yang dilakukan para Avatar untuk melindungi rumahnya.

“Avatar” berhasil memegang rekor sebagai film pendapatan tertinggi dengan meraup $2,92 miliar atau sekitar Rp43 triliun pendapatan kotor dari bioskop di seluruh dunia.

Baca juga: “Avatar 2” menjadi film terlaris di tahun 2022, mengalahkan sekuel “Top Gun”

2. “Avengers: Endgame”

“Avengers: Endgame” | Marvel Studios/Disney

Di urutan kedua ialah film terakhir dalam saga Avengers Infinity, yakni  “Avengers: Endgame” yang diluncurkan pada 2019.

Film bertemakan pahlawan super besutan Marvel Cinematic Universe (MCU) ini mengisahkan para Avengers tersisa yang melakukan berbagai upaya dan memanfaatkan kekuatannya untuk menyatukan kembali tim dan membawa kembali orang-orang yang hilang.

“Avengers: Endgame” menceritakan bagaimana para pahlawan super bersama-sama menggabungkan kekuatannya untuk mengalahkan panglima perang antar galaksi bernama Thanos.

Film tersukses sepanjang yang berhasil menarik berbagai kalangan di seluruh dunia ini tercatat memperoleh pendapatan lebih dari $2,78 miliar atau sekitar Rp41 triliun!

3. Avatar: The Way of Water

“Avatar: The Way of Water” | 20th Century Studios

“Avatar: The Way of Water” merupakan film rilisan terbaru yang sukses menempati posisi ketiga teratas di daftar film terlaris sepanjang masa. 

Ini merupakan sekuel dari film “Avatar” yang ada di urutan teratas daftar ini. Film besutan James Cameron yang dirilis akhir tahun 2022 lalu itu meraup keuntungan sebesar $2,31 miliar atau sekitar Rp34 triliun di bioskop seluruh dunia.

Sebagai film kedua, alur “Avatar: The Way of Water” melanjutkan kisah Jake, Ney’tiri, serta anak-anaknya yang dipaksa untuk pindah dari rumahnya dan harus bertarung dengan manusia.

Baca juga: Saking mahalnya, “Avatar 2” harus masuk film terlaris sepanjang sejarah demi cuan

4. “Titanic”

“Titanic” | Paramount Pictures

Masih dari sutradara James Cameron, “Titanic” yang merupakan roman epik bersejarah tentang tragedi tenggelamnya kapal RMS Titanic tentunya tak boleh dilewatkan untuk masuk ke dalam daftar ini.

Sekarang menempati urutan keempat, film ini berputar pada cerita cinta antara seorang bangsawan bernama Rose dan seniman miskin bernama Jack yang bertemu di kapal yang akan tenggelam itu.

“Titanic” sendiri merupakan film terlaris sepanjang masa pertama di dunia yang berhasil menorehkan pendapatan miliaran dolar di layar lebar.

Setelah beberapa kali merilis remaster, “Titanic” telah memperoleh lebih dari $2,5 miliar atau sekitar Rp33 triliun.

5. “Star Wars: The Force Awakens”

“Star Wars: The Force Awakens” | Walt Disney Studios

Film ini merupakan sekuel dari film “Return of the Jedi” yang dirilis pada 1983 silam. Star Wars: The Force Awakens” merupakan film ketujuh dalam saga Skywalker.

Berlatar 30 tahun sejak film pertamanya dirilis, “Star Wars: The Force Awakens” mengangkat kisah pencarian karakter utama Luke Skywalker dan pertarungan kolektif yang dihadapi oleh para karakter.

Film yang digarap sutradara J. J. Abrams dan dirilis di tahun 2015 itu mendapatkan tanggapan positif dari para kritikus film dan melaporkan pendapatan $2 miliar atau Rp29,4 triliun dari seluruh dunia.

6. “Avengers: Infinity War”

Film terlaris sepanjang masa.

“Avengers: Infinity War” | Marvel Studios

Film lainnya dari MCU, yakni “Avengers: Infinity War” yang dirilis lebih dulu daripada “Avengers: Endgame”, yakni pada 2018, juga sukses mencuri perhatian.

Salah satu film tersukses sepanjang masa ini menceritakan kisah para Avengers dalam menghadapi Thanos, namun diakhiri dengan alur yang menggantung hingga membuat penasaran para penonton.

Film yang membawa penontonnya seperti sedang menaiki wahana roller coaster ini menjadi film superhero pertama dalam sejarah yang menghasilkan lebih dari dua miliar, yakni $2,05 miliar atau Rp30 triliun di bioskop dunia.

Baca juga: Marvel Studios konfirmasi miliki penjaga garis waktu MCU

7. “Spider-Man: No Way Home”

Film terlaris sepanjang masa.

“Spider-Man: No Way Home” | Sony Pictures

Spider-Man: No Way Home merupakan film pahlawan super dari Marvel yang juga berhasil masuk ke dalam daftar film terlaris sepanjang masa, yakni di urutan ketujuh.

Meskipun baru berusia dua tahun, film ini rupanya sukses melaporkan pendapatan lebih dari $1,92 miliar atau sekitar Rp28,2 triliun dari layar lebar seluruh dunia.

Film ini membuat penonton bernostalgia karena kembali menghadirkan para karakter live-action Spider-Man, termasuk para tokoh antagonis dari film-film lawasnya, di satu layar.

“Spider-Man: No Way Home” bahkan sempat mengambil alih posisi “Avatar” sebagai pemegang rekor film pendapatan tertinggi dalam sejarah di bioskop domestik.

Itulah tujuh film terlaris sepanjang masa yang berhasil menorehkan pendapatan miliaran dolar atau triliunan rupiah di bioskop seluruh dunia.

Jika dilihat dari daftar di atas, dapat terlihat jelas bahwa kebanyakan film yang masuk ke dalam daftar ini adalah film waralaba (franchise) besar yang telah dikenal selama bertahun-tahun dan memiliki semesta yang saling terhubung dari satu film ke film lainnya.