Quentin Tarantino akan pensiun setelah film “The Movie Critic”

Sutradara Quentin Tarantino resmi mengungkapkan bahwa ia sudah siap untuk mengakhiri kariernya di dunia perfilman. Setelah tiga dekade berkarya membuat film, ia dikabarkan akan segera pensiun.

Tarantino sendiri dikenal lewat kesuksesan film klasik besutannya, termasuk Pulp Fiction”, “Reservoir Dogs”, dan “Kill Bill”.

Melansir Hypebeast, langkahnya untuk angkat kaki dari industri yang telah ditekuninya selama bertahun-tahun itu merupakan hal yang tak pernah disinggungnya.

Namun, sebelumnya pada 2009 silam, Tarantino pernah membeberkan rencananya untuk pensiun apabila usianya telah mencapai 60 tahun.

Ia tampaknya benar-benar akan merealisasikan rencana tersebut sebagaimana diungkapkannya baru-baru ini. Meskipun tak lagi membuat film, ia disinyalir akan menulis novel atau literatur perfilman.

Baca juga: Quentin Tarantino akan kembangkan serial TV pertamanya

“The Movie Critic” akan jadi film terakhirnya

Tarantino memang sudah beberapa kali memberikan bocoran tentang masa pensiunnya, tetapi baru pada Maret lalu ia mengumumkan bahwa film “The Movie Critic” akan menjadi film kesepuluh sekaligus terakhirnya.

Dalam sebuah wawancara, ia mengatakan bahwa film tersebut terinspirasi dari mendiang kritikus film Pauline Kael yang juga menginspirasi novel “Cinema Speculation” karyanya.

“Ceritanya akan mengangkat dunia di mana Pauline Kael ada, tapi filmnya bukan tentangnya,” ungkap Tarantino beberapa waktu lalu.

Kemudian ketika ditanya apa yang membuatnya ingin meninggalkan industri ini, Tarantino mengatakan, “Saya telah membuat film selama 30 tahun dan saya siap untuk pensiun.”

Di lain sisi, ia berencana untuk menulis buku kedua dari “Cinema Speculation” untuk membahas tentang dunia film di luar Amerika Serikat, khususnya di tahun 80-an.