Yukihiro Takahashi, drummer dan vokalis utama Yellow Magic Orchestra, meninggal dunia

Yukihiro Takahashi meninggal dunia.

Drummer legendaris Jepang yang juga merupakan pendiri Yellow Magic Orchestra dan produser musik Yukihiro Takahashi meninggal dunia pada Rabu (11/1) pagi di usianya yang ke-70 tahun.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis oleh pihak manajemennya, Takahashi sebelumnya didiagnosis menderita tumor otak pada musim panas 2020 dan telah keluar-masuk rumah sakit karena harus menjalani operasi serta rehabilitasi.

Musisi ternama Jepang tersebut telah menjalani perawatan dari rumah sejak bulan November lalu, namun kondisinya makin parah hingga akhir tahun. Ia tutup usia akibat pneumonia aspirasi yang berkaitan dengan penyakit otaknya.

Melansir Billboard, Takahashi lahir di Tokyo tahun 1952. Ia memulai perjalanan kariernya sebagai musisi studio saat masih sekolah, kemudian membentuk Yellow Magic Orchestra bersama co-founder Haruomi Hosono dan Ryuichi Sakamoto di tahun 1978 setelah bermain untuk Sadistic Mika Band.

Sebagai seorang musisi solo, Takahashi telah merilis sebanyak 23 album orisinal, mulai dari “Saravah!” di tahun 1978 sampai “Life Anew” di tahun 2013.

Baca juga: Penyanyi theme song “My Hero Academia” ditahan atas dugaan penyerangan

Bersamaan dengan karier solonya, ia juga bermain di The Beatniks bersama Keiichi Suzuki, Sketch Show dengan Hosona, dan Pupa dengan Tomoyo Harada, Hiroshi Takano, dan lainnya. 

Lebih lanjut, Takahashi merupakan anggota grup electropop Metafive, sebuah kolektif yang ia bentuk bersama Keigo Oyamada, Yoshinori Sunahara, Towa Tei, Tomohiko Gondo, dan Leo Imai setelah mereka bekerja sama sebagai backing band di tur Takahashi tahun 2014.

Adapun Yukihiro Takahashi juga dikenal sebagai seorang perancang busana. September tahun 2022 lalu, baru digelar pula konser spesial yang merayakan 50 tahun Takahashi berkarya sebagai musisi, namun dirinya berhalangan hadir akibat penyakit yang dideritanya.

Belum lama ini, dikutip dari NME, karya-karya solo Takahashi diterbitkan ulang dalam bentuk vinyl. Debut albumnya “Saravah!” menjadi salah satu yang diterbitkan ulang pada 2019 oleh We Want Sounds, kemudian “Neuromatic” dirilis ulang untuk yang pertama kali setelah lebih dari 40 tahun pada 2021.

Terkait kabar kematian Takahashi, berbagai musisi Jepang pun mengungkapkan ucapan duka, mulai dari Orbital, Sparks, Erol Alkan, Junior Boys, Mouse on Mars, dan 808 State.